Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk menganalisis pengaruh KAM dengan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian siswa antara model PBL dan STAD berbantuan geogebra; (2) Untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian sisw antara model PBL dan STAD berbantuan geogebra (3) untuk menganalisis interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal matematis terhadap kemampaun komunikasi matematis dan kemandirian siswa . Penelitian ini dikategorikan ke dalam jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi penelitian ini semua siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 16 Lubuk Pakam dan Sampelnya adalah kelas VIII-1 (Eksperimen 1) dan VIII-2 (Eksperimen 2). Hasil penelitian adalah: (1) diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel (79,968 > 4,042) dan dengan nilai probabilitas (sig) faktor pembelajaran sebesar 0,000 sehingga ada pengaruh KAM terhadap komunikasi matematis siswa dan Ftabel (21,007 > 4,042) dan dengan nilai probabilitas (sig) faktor pembelajaran sebesar 0,000 sehingga ada pengaruh KAM terhadap kemandirian ; (2) Fhitung lebih besar dari Ftabel (43,451 > 4,042) dan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 sehingga ada perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan Fhitung lebih dari Ftabel (31,146 < 4,042) dan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 dimana ada perbedaan peningkatan kemandirian ,(3) Fhitung lebih dari Ftabel (44,294 < 4,042) dan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 terdapat interaksi kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis dan Fhitung lebih dari Ftabel (62,091 < 4,042) dan dengan nilai probabilitas (sig) sebesar 0,000 terdapat interaksi kemampuan awal terhadap kemampuan kemandirian siswa