Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Deli Tua
Daftar Isi:
- Media merupakan salah satu komponen yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran. Guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran seyogyanya mampu untuk menyedia media pembelajaran yang layak digunakan proses belajar mengajar. Akan tetapi berdasarkan hasil observasi lapangan ditemukan bahwa masih kurangnya penggunaan media terutama media berbasis teknologi dalam pembelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengimplementasikan media pembelajaran ekonomi berbasis articulate storyline untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Deli Tua. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan metode ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Deli Tua, dengan populasi kelas XI IPS. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan penilaian yang dilakukan ahli validasi dan respon pengguna diperoleh rata-rata presentse penilaian 92% “Sangat Layak” shingga disimpulkan media pembelajaran ekonomi Articulate Storyline yang dkembangkan memenuhi syarat kelayakan (valid) digunakan sebagai media pembelajaran ekonomi kelas XI IPS. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 88,00 dan kelas kontrol 69,69. Perolehan uji independent t-test 9,623>1,9955 dengan sig. 0,00 < 0,05 dan media dapat membantu siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ekonomi articulate storyline yang dikembangkan efektif digunakan untuk membantu siswa meningkatkan hasil belajar ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Deli Tua.