Daftar Isi:
  • Kemampuan pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kreatif dan berpikir reflektif menjadi perhatian penting dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah, pengambilan keputusan, berpikir kreatif, dan berpikir reflektif siswa pada masa pandemi covid-19 berdasarkan aspek indikator pada materi Biologi di kelas XI SMA Negeri Se-Rantau Selatan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI di SMA Negeri Se-Rantau Selatan dengan sampel sebanyak 200 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes (soal essay) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil perhitungan 200 siswa kelas XI SMA Negeri Se-Rantau Selatan untuk variabel kemampuan pemecahan masalah siswa termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 70,38. Pada variabel kemampuan pengambilan keputusan siswa termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 68,83. Pada variabel kemampuan berpikir kreatif siswa termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 70,35. Pada variabel kemampuan berpikir reflektif siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 72,20. Pelaksanaan pembelajaran biologi secara daring di SMA Negeri Se-Rantau Selatan berjalan baik. Hal ini didasarkan pada persentase (71%) respon siswa melalui jawaban dari kuesioner. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pengambilan keputusan siswa masih tergolong sedang sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan berpikir reflektif tergolong tinggi.