Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah model pembelajaran project based learning terintegrasi STEM valid, praktis dan efesien untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik; 2) meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengembangan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan model pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif menggunakan model pembelajaran Project Based Learning terintegrasi STEM meningkat ditinjau dari N-Gain uji coba I sebesar 3,03 dengan kriteria sedang dan pada uji coba II dengan kriteria Tinggi.