Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di SMK Negeri 1 Air Putih
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) tingkat validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik, 3) keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik, dan 4) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui Pendekatan Matematika Realistik. Adapun produk yang dihasilkan berupa: rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, dan buku siswa. Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis PMR dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan dengan 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL-1 dan X RPL-2 di SMK Negeri 1 Air Putih tahun ajaran 2020/2021. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematika SMK Kelas X yang dikembangkan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat pembelajaran berorientasi pendekatan matematika realistik yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, ditinjau dari: a) isi, dan b) konstruk, 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis, ditinjau dari: a) penilaian validator, b) wawancara respon siswa dan guru, c) keterlaksanaan perangkat pembelajaran, 3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif, ditinjau dari: a) hasil belajar klasikal, b) aktivitas siswa, dan d) respon positif siswa, dan 4) Kemampuan pemecahan masalah siswa pada uji coba II meningkat dengan kategori sedang.