Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Berbantuan Geogebra Applet Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan model pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan geogebra applet yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan model pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan geogebra applet yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam empat tahap. Model pembelajaran yang dihasilkan pada penelitian ini adalah Model Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Berbantuan Geogebra Applet (PB – DLGA). Sedangkan perangkat yang dihasilkan pada penelitian ini adalah RPP, Modul Digital, dan TKBK (Tes Kemampuan Berpikir Kreatif). Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Model pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan geogebra applet yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kriteria masing – masing; 2) Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan geogebra applet yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata – rata nilai preetest 57,12 dan nilai posttest 74,72 dan meningkat pada uji coba II dengan rata – rata nilai preetest 52,6 dan nilai posttest 80,4. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru matematika mengupayakan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran berbasis discovery learning berbantuan geogebra applet yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.