Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa dalam Penerapan Model Discovery Learning berbantuan Matlab
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam penerapan model Discovery Learning berbantuan Matlab, (2) Proses jawaban tes kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam penerapan model Discovery Learning berbantuan Matlab, (3) Kesulitan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam penerapan model Discovery Learning berbantuan Matlab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Tingkat kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam penerapan model Discovery Learning berbantuan matlab berada pada tingkat sedang. Dari 21 siswa sebanyak 5 siswa tingkat kemampuan pemahaman konsep matematikanya ‘tinggi’, 14 siswa tingkat kemampuan pemahaman konsep matematikanya ‘sedang’, dan 2 siswa memiliki tingkat kemampuan pemahaman konsep matematikanya ‘rendah’, (2) Proses jawaban siswa dalam penerapan model Discovery Learning berbantuan matlab ditemukan kesalahan yang lebih sering muncul adalah kesalahan dalam menerapkan konsep/algoritma/strategi penyelesaian dalam memecahkan masalah dan kesalahan menuliskan kembali konsep (definisi), (3) Kesulitan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam penerapan model Discovery Learning berbantuan matlab diantaranya kesulitan dalam menyatakan ulang konsep, kesulitan dalam mengubah permasalahan matematika dalam bentuk yang lebih sederhana, dan kesulitan dalam mengaplikasikan konsep atau algoritma (rumus).