Pengembangan Model Pembelajaran IDPER Berbasis Konstruktivistik Pada Mata Kuliah Komputer Musik Dasar (KMD) Di Progam Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran IDPER berbasis konstruktivistik dan perangkat pendukungnya pada mata kuliah komputer musik dasar (KMD), serta mengetahui kelayakan dan keefektifan model pembelajaran IDPER yang dikembangkan dalam rangka meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran komputer musik dasar (KMD). Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan model pembelajaran IDPER mengacu pada model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi dari model Dick & Carey yang terdiri atas 2 (dua) tahap, yaitu tahap pra-pengembangan dan tahap pengembangan. Tahap pra-pengembangan meliputi: Pertama, tahap analisis kebutuhan yang terdiri dari identifikasi tujuan pembelajaran, analisis tujuan pembelajaran, dan analisis karakteristik peserta didik; Kedua, tahap desain produk yang terdiri dari merumuskan tujuan khusus, mendesain instrumen penilaian atau tes belajar, mendesain strategi pembelajaran, serta mendesain dan memilih materi pembelajaran, dan Ketiga, tahap realisasi, sedangkan tahap pengembangan meliputi: Pertama, tahap uji coba dan evaluasi yang terdiri dari uji kelayakan, uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar/uji coba lapangan; Kedua, tahap produk akhir, yaitu menghasilkan model pembelajaran IDPER yang layak dan efektif. Lokasi uji coba penelitian pengembangan model pembelajaran IDPER dilaksanakan di lingkungan Program Studi Pendidikan Musik Universitas Negeri Medan. Penelitian ini telah menghasilkan kelayakan model pembelajaran IDPER dan perangkat pendukungnya yang diimplementasikan pada pembelajaran komputer musik dasar (KMD). Hasil uji-t (sig.2-tailed < 0,05) menunjukan perbedaan hasil belajar mahasiswa yang signifikan sebelum dan setelah dilakukan implementasi model pembelajaran IDPER yang dikembangkan pada proses pembelajaran komputer musik dasar (KMD). Hasil uji keefektifan dengan menggunakan uji N-Gain Ternomalisasi baik pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar (uji coba lapangan) menunjukan keefektifan implementasi model pembelajaran IDPER yang dikembangkan dalam rangka meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran komputer musik dasar (KMD).