Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk mengembangkan buku ajar berbasis literasi sains, menguji kelayakan, serta efektifitasnya. Pengembangan buku ajar menggunakan prosedur pengembangan model 4-D (Four-D model). Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Metode yang digunakan dalam menganalisis data yaitu dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan menggunakan persentasi. Hasil dari pengembangan produk berbentuk buku ajar yang telah divalidasi oleh ahli materi memperoleh hasil 88,74% dengan kategori sangat baik, ahli media memperoleh hasil 96,12% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh hasil 94,79% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi ahli tersebut dapat dikatakan bahwa produk buku ajar yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil ketuntasan belajar siswa pada pre-test dan post-test memiliki perbedaan. Pada saat post-test nilai ketuntasan hasil belajar siswa mempunyai nilai 0,5523 < 2,0244. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar berbasis literasi sains lebih efektif dari pada buku teks yang biasa digunakan