Pengembangan Model Pembelajaran Contekstual Teaching Learning (CTL) Berbasis Blended Learning Pembelajaran PPKn Di Kelas IV SD Negeri 060901 Medan Polonia
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan pembelajaran yang masih bersifat konvensional sehingga pembelajaran kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kelayakan dari produk model pembelajaran CTL berbasis Blended Learning pada pembelajaran PPKn di kelas IV SDN 060901 Medan Polonia berupa Sintak Model CTL berbasis Blended Learning, RPP sesuai dengan model CTL berbasis Blended Learning, Media pembelajaran PPT, LKPD dan Test Hasil Belajar. Kemudian, untuk menguji keefektifan model CTL berbasis Blended Learning pembelajaran PPKn di kelas IV SDN 060901 Medan Polonia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yaitu Analize, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 060901 Medan Polonia tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 siswa. Adapun hasil dari instrument Kelayakan yang digunakan yaitu dengan hasil angket validasi ahli model pembelajaran CTL berbasis Blended Learning sebesar 80%, validasi ahli media pembelajaran sebesar 93%, validasi ahli RPP sebesar 93%, validasi ahli LKPD sebesar 94% dan Test Hasil Belajar yang dilakukan dengan hasil validasi N=30 siwa nilai rtabel menunjukkan angka 0,361 hasil reliabilitas reliabilitas soal sebesar 0.844 serta hasil respon siswa sebesar 96%. Dengan hasil tersebut model CTL berbasis Blended Learning pembelajaran PPKn di kelas IV SDN 060901 Medan Polonia dikatakan “Sangat Layak” digunakan dalam pembelajaran. Kemudian hasil dari Instrumen Keefektifan dilakukan dengan uji pretest dan uji postest dengan hasil gain score 0,76 maka dapat dikatakan model pembelajaran CTL berbasis Blended Learning pembelajaran PPKn di kelas IV SDN 060901 Medan polonia adalah “Efektif”.