Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berkolaborasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VI SD Negeri 10 Ulu Mahuam
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui 1) pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis PKn siswa di kelas VI SD Negeri 10 Ulu Mahuam; 2) pengaruh model Problem Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi PKn siswa di kelas VI SD Negeri 10 Ulu Mahuam; 3) interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning terhadap keterampilan berkolaborasi dan kemampuan berpikir kritis PKn siswa di kelas VI SD Negeri 10 Ulu Mahuam. Pendekatan penelitian yakni Kuantitatif dengan metode Quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik total sampling, dimana kelas VIA diberikan pembelajaran Problem Based Learning sebagai kelas eksperimen dan kelas VIB diberikan model pembelajaran kooperatif sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini tes butir soal untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan angket untuk kolaborasi siswa. Melalui uji Anava dua jalur maka diketahui uji hipotesis penelitian dengan hasil penelitian diperoleh: rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis siswa dengan implementasi model problem based learning yakni (95,20) lebih tinggi dari pada model pembelajaran kooperatif (89,00), dan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki keterampilan kolaborasi tinggi (87,80) lebih tinggi dari pada keterampilan kolaborasi rendah (80,33). Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) terdapat pengaruh penerapan problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis PKn siswa di kelas VI SD Negeri 10 Ulu Mahuam 2) terdapat pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan kolaborasi PKn siswa di kelas VI SD Negeri 10 Ulu Mahuam; 3) terdapat adanya interaksi antara model Problem Based Learning terhadap keterampilan berkolaborasi dan kemampuan berpikir kritis PKn pada siswa kelas VI SD Negeri 10 Ulu Mahuam.