Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan dan analisis media ajar pada materi kesetimbangan kimia; mengembangkan multimedia interaktif berbasis android pada materi kesetimbangan kimia yang sesuai dengan BSNP, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan multimedia yang dikembangkan, mengetahui tingkat motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan multimedia yang dikembangkan, mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa, dan mengetahui respons siswa terhadap penggunaan multimedia interaktif berbasis android. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI MAN 2 Model Medan T.A 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas yaitu kelas XI MIA 2 yang terdiri dari 35 siswa. Instrumen penelitian berupa angket berdasarkan BSNP, tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable, angket motivasi belajar serta angket respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan uji korelasi dan uji regression linier pada aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: guru membutuhkan media ajar sebagai tambahan untuk siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran; multimedia interaktif berbasis android pada materi kesetimbangan kimia yang telah dikembangkan memperoleh hasil validasi dengan nilai rata-rata 3,43 tergolong dalam kategori layak, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 0,66 dengan kategori sedang, tingkat motivasi belajar siswa memperoleh rata-rata sebesar 82,65% dengan kategori sangat termotivasi, terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 12,3%, serta respons siswa memperoleh hasil sebesar 81,25% dengan kategori sangat baik.