Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Kelas V SD IT ALFAZHIRA Desa Cinta Rakyat T.A. 2021/2022
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada Tema 7 yang masih rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Tema 7 kelas V SD IT AL-FAZHIRA Desa Cinta Rakyat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Eksperimen. Design penelitian Posttest Only Design dengan model pembelajaran Mind Mapping. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B 31 siswa dan kelas V D 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar Tema 7 yang diberikan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan menggunakan konvensional, sedangkan aktivitas siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Data analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata- rata posttest hasil belajar siswa dengan menggunakan model Mind Mapping adalah 70.81 dan kelas eksperimen 80.97. Besarnya pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas kelas V SD IT AL-FAZHIRA Desa Cinta Rakyat hasil perhitungannya 53,8% yang berada dalam kategori “sedang”. Berdasarkan hasil statistic inferensial dengan menggunakan SPSS nilai sig. adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa (H