ctrlnum 47368
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/47368/</relation><title>PengembanganBahan Ajar Materi Teks Cerita Fantasi Dalam Bentuk Komik Digital Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Salak Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2022</title><creator>Manalu, Juliati Boang</creator><subject>PN Literature (General)</subject><subject>PN0441 Literary History</subject><subject>PN3311 Prose. Prose fiction</subject><subject>PN6120 Fiction</subject><description>Hasil penelitian ini bertujuan untuk1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar dalam bentuk komik berbasis kearifan local Pakpak, 2) mendeskripsikan bentuk produk bahan ajar komik berdasasarkan hasil penelitian pengembangan, dan 3) mendeskripsikan bagaimana keefektifan bahan ajar yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluate.Ada tiga subjek dalam penelitian ini yakni validator terdiri atas dosen ahli yang memvalidasi materi dan desain, guru mata pelajaran bahasa indonesia, dan siswa kelas VII SMPN 1 Salak Kab. Pakpak Bharat selaku responden. Teknik Pengumpulaan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan wawancara. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan data kelayakan produk yang dikembangkan. Kuesioner diberikan kepada dosen ahli materi, dosen ahli desain, guru, dan siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket kuesioner analisis kebutuhan guru, kuesioner analisis kebutuhan siswa, lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media, lembar validasi guru, lembar responsiswa. Uji cobaperoranganmemperolehkriteria &#x201C;baik&#x201D; dengan persentase rata-rata sebesar 79.61 %. Uji coba kelompok kecil memperoleh kriteria &#x201C;sangat baik&#x201D; dengan persentase rata-rata sebesar 88.2 %. Uji coba lapangan terbatas memperoleh kriteria &#x201C;sangat baik&#x201D; dengan persentase rata-rata 90.48 %. Efektifitas materi teks cerita fantasi berbasis kearifan lokal Pakpak meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pre-test siswa sebesar 69,87. dengan skor terendah yaitu 56 dan skor tertinggi 85. Sedangkan nilai rata-rata post-test siswa sebesar 90.06 dengan skor terendah yaitu 77 dan skor tertinggi&#xD; &#xD; 98. &#xD; Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa materi teks cerita fantasi berbasis kearifan lokal Pakpak dengan menggunakan bahan ajar komik digital efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi teks cerita fantasi. Implikasi dalam penelitian ini ialah menambah wawasan dan pengetahuan siswa, meningkatkan rasa cinta siswa terhadap budaya dan daerahnya, dan melatih kemandirian siswa dalam belajar.</description><date>2022-06-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/47368/1/1.%20NIM%20820619004%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/47368/2/2.%20NIM%20820619004%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/47368/3/3.%20NIM%20820619004%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/47368/4/4.%20NIM%20820619004%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/47368/5/5.%20NIM%20820619004%20TABLE%20OF%20CONTENTS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/47368/6/6.%20NIM%20820619004%20ILLUSTRATIONS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/47368/7/7.%20NIM%20820619004%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/47368/8/8.%20NIM%20820619004%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/47368/9/12.%20NIM%20820619004%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/47368/10/13.%20NIM%20820619004%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Manalu, Juliati Boang (2022) PengembanganBahan Ajar Materi Teks Cerita Fantasi Dalam Bentuk Komik Digital Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Salak Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2022. Masters thesis, UNIMED. </identifier><recordID>47368</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Manalu, Juliati Boang
title PengembanganBahan Ajar Materi Teks Cerita Fantasi Dalam Bentuk Komik Digital Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Salak Kabupaten Pakpak Bharat Tahun 2022
publishDate 2022
isbn 20820619004
topic PN Literature (General)
PN0441 Literary History
PN3311 Prose. Prose fiction
PN6120 Fiction
url http://digilib.unimed.ac.id/47368/1/1.%20NIM%20820619004%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47368/2/2.%20NIM%20820619004%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47368/3/3.%20NIM%20820619004%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47368/4/4.%20NIM%20820619004%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47368/5/5.%20NIM%20820619004%20TABLE%20OF%20CONTENTS.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47368/6/6.%20NIM%20820619004%20ILLUSTRATIONS.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47368/7/7.%20NIM%20820619004%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47368/8/8.%20NIM%20820619004%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47368/9/12.%20NIM%20820619004%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47368/10/13.%20NIM%20820619004%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47368/
contents Hasil penelitian ini bertujuan untuk1) mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar dalam bentuk komik berbasis kearifan local Pakpak, 2) mendeskripsikan bentuk produk bahan ajar komik berdasasarkan hasil penelitian pengembangan, dan 3) mendeskripsikan bagaimana keefektifan bahan ajar yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluate.Ada tiga subjek dalam penelitian ini yakni validator terdiri atas dosen ahli yang memvalidasi materi dan desain, guru mata pelajaran bahasa indonesia, dan siswa kelas VII SMPN 1 Salak Kab. Pakpak Bharat selaku responden. Teknik Pengumpulaan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner dan wawancara. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan data kelayakan produk yang dikembangkan. Kuesioner diberikan kepada dosen ahli materi, dosen ahli desain, guru, dan siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket kuesioner analisis kebutuhan guru, kuesioner analisis kebutuhan siswa, lembar validasi ahli materi dan lembar validasi ahli media, lembar validasi guru, lembar responsiswa. Uji cobaperoranganmemperolehkriteria “baik” dengan persentase rata-rata sebesar 79.61 %. Uji coba kelompok kecil memperoleh kriteria “sangat baik” dengan persentase rata-rata sebesar 88.2 %. Uji coba lapangan terbatas memperoleh kriteria “sangat baik” dengan persentase rata-rata 90.48 %. Efektifitas materi teks cerita fantasi berbasis kearifan lokal Pakpak meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pre-test siswa sebesar 69,87. dengan skor terendah yaitu 56 dan skor tertinggi 85. Sedangkan nilai rata-rata post-test siswa sebesar 90.06 dengan skor terendah yaitu 77 dan skor tertinggi 98. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa materi teks cerita fantasi berbasis kearifan lokal Pakpak dengan menggunakan bahan ajar komik digital efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi teks cerita fantasi. Implikasi dalam penelitian ini ialah menambah wawasan dan pengetahuan siswa, meningkatkan rasa cinta siswa terhadap budaya dan daerahnya, dan melatih kemandirian siswa dalam belajar.
id IOS3150.47368
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2023-02-26T14:00:28Z
last_indexed 2023-02-26T14:00:28Z
recordtype dc
_version_ 1766033627815084032
score 17.538404