Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan efektifitas dari layanan akademik berbasis sistem informasi manajemen di SMPIT Khairul Imam Medan. Subjek penelitian ini adalah seluruh Siswa SMPIT Khairul Imam yang berjumlah 121 orang. Penentuan subjek penelitian ini dengan cara purposive. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Peningkatan pelayanan akademik dapat ditunjukkan dari hasil observasi awal yang semula dilakukan secara konvensional dengan capaian 1,4 dengan kategori tidak layak, kemudian pada siklus I layanan akademik mulai diterapkan teknologi sehingga memperoleh capaian 2,60 dengan kategori kurang layak. Selanjutnya, dilakukan perbaikan pada siklus II dan hasil penerimaan layanan akademik berbasis teknologi meningkat menjadi 4,20 dengan kategori sangat layak. Melalui dua tahapan siklus ini diperoleh peningkatan 56% dari kondisi semula dan nilai rata-rata N-Gain mencapai 0,7 atau setara 66,7% yang berkategori cukup efektif, sehingga disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen cukup efektif untuk meningkatkan pelayanan akademik di SMPIT Khairul Imam.