Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui validitas multimedia pembelajaran interaktif tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih dikelas V SD Negeri 130002 Tanjungbalai. 2) Mengetahui praktikalitas multimedia pembelajaran interaktif tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih dikelas V SD Negeri 130002 Tanjungbalai. 3) Mengetahui efektifitas pengunaan multimedia pembelajaran interaktif tema 2 udara bersih bagi kesehatan subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih dikelas V SD Negeri 130002 Tanjungbalai. Adapun jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan dari ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 130002 Tanjungbalai yang berjumlah 20 siswa. instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrument wawancara, angket validasi media dan materi, angket praktisi pendidikan, angket respon peserta didik dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan multimedia pembelajaran interaktif Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan yang telah dikembangkan telah divalidasi oleh validator ahli desain media yang memperoleh persentase sebesar 92,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Kemudian divalidasi oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya hasil uji praktikalitas melalui validasi guru memperoleh persentase sebesar 95% dengan kategori “Sangat Praktis”. Kemudian melalui hasil respon peserta didik memperoleh persentase sebesar 93% dengan kategori “Sangat Praktis”. Selanjutnya hasil efektivitas media multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan menggunakan soal yang telah di uji coba untuk dapat melihat peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media. Sebelum menggunakan multimedia pembelajaran interaktif nilai rata-rata peserta didik sebesar 66,75 dan setelah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 88,25 dengan kategori “Baik Sekali” dan “Tuntas”. Berdasarkan penilaian diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline tema udara bersih bagi kesehatan subtema 1 cara tubuh mengolah udara bersih di kelas V SD Negeri 130002 Tanjungbalai sangat layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.