Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah tingkat kalayakan LKPD berbasis CTL menggunakan google form dalam pembelajaran Matematika materi kecepatan dan debit kelas V SDN 056012 Sukajadi. Bagaimanakah kepraktisan LKPD berbasis CTL menggunakan google form dalam meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran Matematika materi kecepatan dan debit kelas V SDN 056012 Sukajadi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kelayakan LKPD berbasis CTL menggunakan google form dalam pembelajaran Matematika materi kecepatan dan debit kelas V SDN 056012 Sukajadi (2) Mengetahui kepraktisan LKPD berbasis CTL menggunakan google form dalam pembelajaran Matematika materi kecepatan dan debit kelas V SDN 056012 Sukajadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan metode pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 056012 Sukajadi, Langkat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan : (1) LKPD berbasis Contextual Theaching and Learning (CTL) menggunakan google from oleh ahli materi diperoleh nilai persentase 96% yang berarti media tersebut layak digunakan dan tidak perlu revisi. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh persentase 92% yang berarti layak dan tidak perlu direvisi. Angket validasi kepraktisan memperoleh persentase 87,5% yang berarti angket kepraktisan sudah layak disebarkan atau sudah layak diuji coba oleh pendidik atau guru. Sedangkan hasil validasi oleh ahli kepraktikalisasi pendidik memperoleh pesentase 90% yang berarti layak dan tidak perlu direvisi. (2) Pengembangan media ini menghasilkan produk media Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Contextual Theaching and Learning (CTL) menggunakan google form dengan materi kecepatan dan debit di kelas V di SD Negeri 056012 Sukajadi dalam kategori sangat layak digunakan.