Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi serta hasil belajar siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative tipe sfae (student facilitator and explaining) terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 kelas V SD Negeri 101768 Tembung T.A 2021/2022. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101768 Tembung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VB berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tehnik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi tindakan pada kelas eksperimen yaitu 80,25 sedangkan pada kelas kontrol yaitu 70,23. Pada uji normalitas, diketahui bahwa data hasil pre-test dan post-test kelas eskperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dengan perolehan nilai pada kelas eksperimen Pre-Test dan pada hasil Post-Test sedangkan pada kelas kontrol Pre-Test yaitu dan pada hasil Post-Test menunjukkan bahwa . Hasil uji homogenitas data penelitian, dikatahui bahwa data penelitian berasal dari sampel-sampel yang homogen dengan perolehan nilai uji homogenitas pre-test dan uji homogenitas post-test dengan taraf signifikan α = 0,05. Data dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji-T dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil uji hipotesis diperoleh yaitu 4,318 > 2,021 pada taraf α = 0,05. Oleh karena itu, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat dinyatakan bahwa “Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Cooperative tipe SFaE (Student Facilitator and Explaining) terhadap hasil belajar siswa pada tema 8 kelas V SD Negeri 101768 Tembung T.A 2021/2022”. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative tipe SFaE (Student Facilitator and Explaining) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa