Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permainan lompat tali yang dilakukan anak usia 5-6 tahun di PAUD CINTA KASIH Aeknauli I Kecamatan Pollung T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. .Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang anak yang berusia 5-6 tahun ( kelas B) di PAUD CINTA KASIH Aeknauli I Kecamatan Pollung. Data dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data di cek menggunakan yaitu credibility, transfebility, defendability, dan confirmability. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan untuk bermain lompat tali hanya menggunakan anyaman karet saja. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terhadap 6 anak subjek, terdapat 2 orang anak tidak memperhatikan atau mendengarkan peneliti maupun guru saat membagi teman kelompoknya sehingga saat ingin melakukan permainan tersebut karena mereka asyik bicara dibelakang. Selanjutnya pada tahap akan memulai permainan terlebih dahulu guru mengajak anak-anak melakukan hompimpah untuk menentukan siapa pertama yang akan melakukan permainan tersebut. Pada tahap melakukan hompimpah, terdapat 2 orang kalah dan kurang mengerti melakukan hompimpah tersebut sehingga mereka hanya mengikuti teman sebelahnya bagaimana temannya membalikkan telapak tangannya begitu juga mereka lakukan sebagaimana temannya lakukan. Pada tahap melompat, terdapat 4 orang anak terkena tali saat melompat anyaman karet di berbagai ketinggian tali yang ditentukan seperti di bagian ketinggian paha dan pinggang. Dilihat dari capaian perkembangannya, anak saat melakukan kegiatan masih terdapat 3 orang anak kurang mampu menyeimbangkan posisi badannya. Pada kecepatannya 2 orang anak kurang mampu berlari cepat untuk melompat sebuah anyaman karet.