Daftar Isi:
  • Rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Bagaimana perilaku belajar online anak (usia7-12 Tahun) pada masa pandemic covid-19 di Desa Sei Rampah, 2) Bagaimana peran pendampingan orang tua dalam belajar online pada masa pandemic covid-19 di Desa Sei Rampah, 3) Bagaimana hubungan peran pendampingan orang tua dalam belajar online dengan perilaku belajar online anak (usia7-12 tahun) pada masa pandemic covid-19 di Desa Sei Rampah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku belajar online anak (usia7-12 Tahun) pada masa pandemic covid-19, mengetahui peran orang tua dalam pendampingan belajar online dan untuk mengetahui hubungan peran pendampingan orang tua dalam belajar online dengan perilaku belajar online anak (usia7-12 tahun) pada masa pandemic covid-19 di Desa Sei Rampah. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian korelasioanl dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 90 responden yang diambil menggunakan teknik sampel daerah (Area Sampling) dari 985 KK yang tersebar di 10 Dusun sebagai populasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi sederhana, uji kecenderungan dan uji t untuk uji hipotesis. Berdasarkan pengolahan data dengan uji koefisien korelasi menggunakan SPSS 16.0 diperoleh taraf signifikan 0,000 < 0,05 kemudian uji t atau uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 27.699 > 1,987. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara peran pendampingan orang tua dengan perilaku belajar online anak (usia7-12 tahun) pada masa pandemi covid-19 di Desa Sei Rampah dan juga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima.