Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Rolling Ball Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri 200507 Padangsidimpuan T.A.2021/2022
Daftar Isi:
- Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh positif dari model pembelajaran Talking Stick berbantuan Media Rolling Ball terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri 200507 Padangsidimpuan. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment. Sampel penelitian ini kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol berjumlah 43 siswa. Instrumen atau teknik pengumpulan data penelitian yaitu tes hasil belajar pilihan berganda sebanyak 30 soal yang telah diuji validitasnya, dari hasil perhitungan tes hasil belajar ada 25 soal valid dan 5 soal tidak valid. Reliabilitas soal 0,88 dinyatakan reliabel dengan kategori reliabilitas sangat tinggi. Tingkat kesukaran soal didapat 21 soal dengan kategori sedang dan 9 soal dengan kategori susah, daya pembeda soal didapat 17 soal dikategorikan baik, 8 soal dikategorikan cukup, dan 5 soal dikategorikan jelek. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran matematika meningkat dengan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Rolling Ball pretest sebesar 47,80 dan posttest sebesar 81,14. Dilihat juga dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran, kelas eksperimen memperoleh persentase 85,8% dan rata-rata 10,38 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan prasyarat yang diujikan terlebih dahulu yaitu data normal dan homogen. Dari hasil uji normalitas diperoleh hasil Ltabel Lhitung yaitu 0, 186 0,111 pada kelas eksperimen, dan pada kelas kontrol hasil Ltabel Lhitung yaitu 0, 186 0,155. Maka dapat disimpulkan bahwa semua data berdistribusi normal. Dari data uji homogenitas semua data memiliki data yang homogen sesuai perhitungan yang telah dilakukan, Ftabel Fhitung yaitu 1,15 2,12 pada pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol Ftabel Fhitung yaitu 1,01 2,10. Hasil pengujian hipotesis pada taraf nyata α = 0,05 yang diperoleh bahwa thitung ttabel yaitu 4,70 1,679. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Rolling Ball terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di SD Negeri 200507 Padangsidimpuan.