PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA SEPAK BOLA SISWA KELAS VII SMP AR-RAHMAN PERCUT

Main Authors: Marpaung, Muammar Afif, Akhmad, Imran, Dewi, Rahma
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan , 2019
Subjects:
etc
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/47254/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47254/2/Reviewer.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47254/
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/14486
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara model pembelajaran inkuiri dan model kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar menggiring bola. Desain penelitian menggunakan faktorial 2x2 dengan sampel berjumlah 48 siswa. Data hasil eksperimen dianalisis menggunakan rumus ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola antara model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kreativitas terhadap hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola, (3) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik daripada model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar menggiring pada materi sepak bola pada kelompok siswa keativitas rendah, (4) Model pembelajaran inkuiri lebih baik daripada model pembelajaran Kooperatif Tipe NHT terhadap hasil belajar menggiring pada materi sepak bola pada kelompok siswa kreativitas tinggi.