Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kurangnya minat dan motivasi belajar siswa dikarenakan dalam menmyampaikan materi guru jarang menggunakan media pembelajaran utamanya Power Point sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa, meskipun pada setiap kelas sudah terdapat LCD yang lengkap dan bisa digunakan. Dari permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian terkait dengan penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkan hasil belajar di SMK Bahari Hangtuah Medan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar penggunaan media pembelajaran Power Point pada mata pelajaran Alat Ukur kelas X Teknik Perkapalan. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunkaan observasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pre test sebelum dilaksanakannya tindakan menggunakan media pembelajaran Power Point untuk mengukur sejauh mana siswa memahami tentang penggunaan pada Alat Ukur. Setelah dilakukannya pre test dan mendapatkan hasilnya maka peneliti melanjutkan ke tahap post test, disini peneliti melakukan tindakan dengan memberikan media pembelajaran Power Point yang telah dirancang peneliti sedemikian rupa untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun hasil dari penggunaan media pembelajaran power point adalah siswa lebih dapat memahami materi tentang Penggunaan pada Alat Ukur ditandai dengan nilai skor rata-rata pada saat post test 79,00%. Dengan demikian, media pembelajaran Power Point pada Kompetensi Dasar mengevaluasi hasil pemberian ukuran pada gambar layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Bahari Hangtuah Medan.