PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SMASH BOLA VOLI DI KELAS XI SMA HANG TUAH BELAWAN
Main Authors: | Habibi, Muhammad Nur, Akhmad, Imran, Valianto, Budi |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/47234/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/47234/2/Reviewer.pdf http://digilib.unimed.ac.id/47234/ https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/12140 |
Daftar Isi:
- Adapun tujuan dari Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar smash bola voli. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI jurusan IPA SMA Hang Tuah Belawan, berjumlah 124 siswa yang berasal dari 4 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Jumlah sampel penelitian untuk gaya mengajar komando terdiri dari 20 siswa dan 20 siswa untuk gaya mengajar resiprokal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen desain factorial 2 X 2. Motivasi belajar siswa diukur dengan tes angket dan hasil belajar smash bola voli diukur dengan lembar portofolio. Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar smash bola voli yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar komando lebih tinggi dari pada hasil belajar smash bola voli yang diajarkan dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar smah bola voli siswa yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar komando= 78,3dan rata-rata hasil belajar smash bola voli yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal= 77,0 dengan Fhitung = 4,59> Ftabel = 4,09 pada taraf signifikan α = 0,05. Siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan gaya mengajar komando.Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar smash bola voli siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal= 80,2dan rata-rata hasil belajar smash bola voli siswa yang memiliki motivasi tinggi yang diajar dengan gaya mengajar komando = 77,7 dengan Qhitung = 2,91>Qtabel = 2,29 pada taraf signifikan α = 0,05, dengan dk (2). Siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar dengan gaya mengajar komando lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar smash bola voli siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar dengan gaya mengajar komando = 77,0dan rata-rata hasil belajar smash bola voli siswa yang memiliki motivasi rendah yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal = 73,8 dengan Qhitung = 5,93 > Qtabel = 2,29 pada taraf signifikan α = 0,05, dengan dk (2). Terdapat interaksi antara gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar smash bola voli. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung = 6,52 > Ftabel = 4,09. Uji lanjut menggunakan Uji Tukey menunjukkan gaya mengajar komando lebih dominan dibandingkan gaya mengajar resiprokal. Demikian halnya motivasi tinggi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar smash bola voli.