Pengembangan Trainer Kit SCADA Modbus Variable Speed Drive pada mata pelajaran Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik di Jurusan Teknik Otomasi Industri SMKN 13 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengembangan trainer kit SCADA modbus variable frequency drive, (2) kelayakan media pembelajaran trainer kit SCADA modbus variable frequency drive, (3) tingkat relevansi antara hasil dalam membantu proses pencapaian tujuan pembelajaran berupa pengembangan trainer kit SCADA modbus variable frequency drive. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sasaran produk yang dihasilkan dari penelitian ini adalah (1) Trainer Kit SCADA Modbus Variable Frequency Drive, (2) Buku panduan penggunaan trainer, (3) jobsheet mata pelajaran Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik, (4) jobsheet mata pelajaran Sistem Kontrol terprogram. Instrument penelitian yang digunakan berupa kuisioner dengan skala 4 yang digunakan untuk memperoleh data kelayakan trainer dan tingkat relevansi antara hasil dalam membantu proses pembelajaran. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) proses pengembangan trainer kit SCADA Modbus Variable Frequency Drive berupa menganalisis kesenjangan yang terjadi pada proses pembelajaran SKEE, menganalisis kemampuan, semangat dan peserta didik, menganalisis sumber daya yang ada, mengidentifikasi kebutuhan komponen yang terdapat pada trainer, perancangan media yang aman dan mudah untuk dioperasikan, tata letak VFD, HMI, dan komponen lainnya yang rapi dan menarik serta melakukan validasi trainer, buku panduan, dan Jobsheet, revisi. Setelah melalui pengujian di depan ahli media menunjukkan hasil kinerja yang baik, (2) kelayakan trainer kit SCADA Modbus Variable Frequency Drive sebagai media pembelajaran pada mata Pelajaran Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik. Tingkat kelayakan ditinjau dari ahli media diperoleh persentase sebesar 95% dengan kategori “Sangat Layak”. Tingkat kelayakan ditinjau dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 99% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan data tersebut, maka kelayakan trainer kit SCADA Modbus Variable Frequency Drive Pada Mata Pelajaran Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik di Jurusan Teknik Otomasi Industri adalah “Sangat Layak”. (3) tingkat relevansi antara hasil dalam membantu proses pencapaian tujuan pembelajaran berupa Pengembangan Trainer Kit SCADA Modbus Variable Frequency Drive dengan jobsheet dan buku panduan ditinjau dari ahli media dan ahli materi diperoleh persentase 99% dengan kategori “Sangat Relevan”. Berdasarkan data tersebut maka tingkat relevan antara trainer, buku panduan dan jobsheet Pada Mata Pelajaran Sistem Kontrol Elektromekanik dan Elektronik di Jurusan Teknik Otomasi Industri adalah “Sangat Relevan”.