Pengembangan Media Instrumen Penilaian Kognitif Dengan Menggunakan Google Form Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMK Dwiwarna Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan sebuah Media Instrumen Penilaian Kognitif Dengan Menggunakan Google Form Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Di SMK Dwiwarna Medan.dan menguji kelayakan media penilaian kognitif berbasis google form yang dirancang sebagai media penilaian kognitif bagi siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Dwiwarna Medan tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini diuji kelayakan nya oleh Dosen. Prosedur pengembangan Media Instrumen Penilaian Kognitif Dengan Menggunakan Google Form Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik dikemas dalam bentuk webmedia online interaktif dilakukan dengan menggunakan metode R&D desain pengembangan ADDIE. Serta proses validasi kelayakan media, peneliti menggunakan metode ADDlE dalam penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan validasi angket ahli media dengan rata-rata 3,3 interpretasi sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai media penilaian kognitif bagi siswa. dan Hasil Validasi angket ahli materi dengan rata-rata 3,45 interpretasi sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai materi pembelajaran untuk bahan instrumen penilaian kognitif.