Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV SD Negeri 01 Panai Hulu T.A. 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 01 Panai Hulu sebanyak 65 orang. Sampel diambil random kelas sebanyak 40 orang. 20 orang untuk kelas eksperimen dan 20 orang lagi untuk kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk pilihan berganda. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,25. Sedangkan untuk kelas kontrol adalah 63,25. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Data dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan uji “t” yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil tersebut terdapat perbedaan antara pembelajaran menggunaan media powtoon dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 8,258 > 1,707 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan “Ada pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada tema indahnya keragaman di negeriku kelas IV SD Negeri 01 Panai Hulu T.A. 2020/2021” teruji kebenarannya.