Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar e-handout menggunakan powerpoint pada Tema 1 Subtema 1 untuk siswa kelas V SDN 060852 Madong Lubis. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (Four D). Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media, ahli materi, penilaian praktisi pendidikan dan tes (pre-test dan post-test). Hasil penelitian yang berkaitan dengan kelayakan menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase 90,6%. Hasil validasi oleh ahli materi termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase 90%. Hasil penilaian praktisi pendidikan yang berkaitan dengan kepraktisan menunjukkan bahwa validasi termasuk ke dalam kategori “Sangat Praktis” dengan persentase 86%. Hasil penelitian yang berkaitan dengan keefektifan menunjukkan bahwa hasil uji coba pre-test mencapai 52,58% yang termasuk ke dalam tingkat capaian “Tidak Efektif”, sedangkan hasil uji coba post-test menunjukkan bahwa efektivitas mencapai 81,2% yang termasuk ke dalam tingkat capaian “Sangat Efektif”.