Pengembangan Garis Lapangan Portabel Permainan Tradisional Gobak Sodor Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Untuk Kelas IV SDN 091505 Afdeling C Balimbingan Kecamatan Tanah Jawa T.A. 2020/2021
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan garis lapangan portabel permainan tradisional gobak sodor pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk kelas IV SDN 091505 Afdeling C Balimbingan T.A. 2020/2021. Jenis penelitian ini ada jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Intrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, tes (pre-test dan post-test), dokumentasi. Hasil pengembangan garis lapangan portabel permainan tradisional gobak sodor dilakukan penilaian oleh ahli sarana penjaskes yang memperoleh nilai sebesar 94% dengan kategori “Sangat Baik”, ahli materi tradisional sebesar 90,6% dengan kategori “Sangat Baik”, praktisi pendidikan sebesar 86% dengan kategori “Baik”. Jika dirata-ratakan maka diperoleh presentase kelayakan produk sebesar 90,2% dengan kategori “Sangat Baik” untuk digunakan oleh siswa kelas IV SDN 091505 Afdeling C Balimbingan. Tahap uji coba lapangan yang dilakukan di kelas IV SDN 091505 Afdeling C Balimbingan setelah menggunakan garis lapangan portabel permainan tradisional gobak sodor rata-rata mendapatkan nilai post test sebesar 87,5, sedangkan dari hasil pre test yang hanya menjadapatkan rata-rata nilai sebesar 58. Ketuntasan klasikal pada saat post test juga diperoleh hasil presentase sebesar 92%, sedangkan saat pre test hanya mendapatkan presentase ketuntasan klasikal besesar 16%. Hal ini menunjukan peningkatan sebesar 76%. Berdasarkan dari rata-rata nilai post test tersebut, maka garis lapangan portabel permainan tradisional gobak sodor masuk kedalam kategori “efektif” untuk digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas IV SDN 091505 Afdeling C Balimbingan.