Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dan Kemandirian Belajar Online Dengan Hasil Belajar Boga Dasar Siswa SMK Negeri 1 Beringin
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Intensitas penggunaan gadget siswa; (2) Kemandirian belajar online siswa; (3) Hasil belajar siswa pada pelajaran Boga Dasar; (4) Hubungan intensitas penggunaan gadget siswa dengan hasil belajar Boga Dasar; (5) Hubungan kemandirian belajar online siswa dengan hasil belajar Boga Dasar; (6) Hubungan intensitas penggunaan gadget siswa dan kemandirian belajar online siswa dengan hasil belajar Boga Dasar. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Beringin. Waktu penelitian Oktober-Desember 2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jasa Boga. Pengambilan sampel secara Total Sampling, dengan jumlah 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai hasil belajar selama satu semester. Teknik analisis data adalah deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji linieritas, uji hipotesis dengan korelasi product moment, uji korelasi parsial dan uji korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecenderungan intensitas penggunaan gadget siswa berada pada kategori cenderung cukup sebesar 62 persen. Tingkat kecenderungan kemandirian belajar online siswa berada pada kategori cenderung cukup sebesar 64 persen. Tingkat kecenderungan hasil belajar boga dasar siswa berada pada kategori cenderung cukup sebesar 82 persen. Hasil analisis uji korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan hasil belajar boga dasar dengan nilai korelasi parsial r_(y.x1.x2) = 0,571 dan nilai koefisiensi korelasi parsial thitung > ttabel (4,818 > 1,677). Hasil analisis uji korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar online dengan hasil belajar boga dasar dengan nilai korelasi parsial r_(y.x2.x1) = 0,521 dan nilai koefisiensi korelasi parsial thitung > ttabel (4,226 > 1,677). Hasil analisis koefisiensi korelasi ganda terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas penggunaan gadget dan kemandirian belajar online dengan hasil belajar boga dasar dengan nilai korelasi ganda Ryx1x2 = 0,877 dan nilai koefisiensi korelasi ganda Fhitung > Ftabel (96 > 3,20). Artinya semakin tinggi intensitas penggunaan gadget dan kemandirian belajar online siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar boga dasar.