Pengembangan trainer kit motor servo sebagai media pada mata pelajaran piranti sensor dan aktuator di jurusan teknik otomasi industri 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan trainer kit motor servo dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran piranti sensor dan aktuator di SMK N 13 Medan; (2) mengetahui unjuk kinerja trainer kit motor servo; (3) mengetahui tngkat kelayakan dari trainer kit motor servo dalam pembelajaran piranti sensor dan aktuator. Trainer kit tersebut untuk memudahkan siswa dalam praktek pengembangan motor servo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) Adaptasi ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, namun dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan tahap implementation dan evaluation dan menambahkan dengan unjuk kinerja dan uji kelayakan. Responden dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik . Objek penelitian ini adalah berupa trainer kit Motor Servo. Instrument yang digunakan berupa kuisioner dengan skala likert empat yang digunakan untuk memperoleh data kelayakan trainer kit motor servo. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, pengembangan yang dilakukan pada trainer kit Motor servo termasuk dalam kategori baik. Hasil dari unjuk kinerja trainer kit berfungsi dengan baik. Tingkat kelayakan ditinjau dari ahli media I mendapatkan persentase 92,5%, ahli media II mendapatkan persentase 88,7% dan ahli media III mendapatkan persentase 93,7% dengan rata-rata persentase 91% kategori “Sangat Layak”. Sedangkan untuk ahli materi I mendapatkan persentase 89,1%, ahli materi II mendapatkan 100%, dan ahli materi III mendapatkan persentase 92,1% dengan rata-rata persentase 93,7% kategori “Sangat Layak”.