Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini “selama adanya pandemi covid-19 pembelajaran dilakukan secara daring termasuk dalam pembelajaran ekologi. Apakah pembelajaran ekologi pada mahasiswa pendidikan biologi 2018 dapat dilakukan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 pada pembelajaran ekologi di Jurusan Biologi FMIPA Unimed. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni 2021 di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 64 mahasiswa yang dipilih secara random sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket efektivitas pembelajaran ekologi secara daring dan faktor yang mempengaruhi keefektivan pembelajaran ekologi secara daring dalam bentuk skala likert sedangkan untuk hasil belajar di peroleh dari Daftar Peserta dan Nilai Akhir (DPNA). Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar pada pembelajaran daring mahasiswa pendidikan biologi FMIPA Unimed pada pembelajaran ekologi dikategorikan telah efektif (88,95%) dan faktor yang paling dominan mempengaruhi keefektifan pembelajaran ekologi secara daring adalah kondisi kesehatan selama mengikuti perkuliahan daring, strategi pembelajaran yang digunakan dan indikator teman bergaul, serta terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel hasil belajar mahasiswa dengan variabel respon mahasiswa karena setiap nilai koefisien bernilai positif dan menunjukkan interpretasi hubungan yang sangat kuat di setiap variabelnya.