Hubungan Antara Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas X Titl Smk Negeri 2 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana hubungan efikasi diri dengan kemandirian belajar. (2) Mengetahui bagaimana hubungan motivasi belajar dengan kemandirian belajar. (3) Mengetahui bagaimana hubungan efikasi diri dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas X TITL SMK Negeri 2 Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan sifatnya adalah penelitian korelasi. Pada penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu efikasi diri dan motivasi belajar, serta satu variabel terikat yaitu kemandirian belajar. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi Product Moment dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dengan kemandirian belajar siswa. Dibuktikan dengan harga r hitung 0,504 lebih besar daripada r tabel 0,207 dengan nilai Signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi efikasi diri seseorang, semakin tinggi pula kemandirian belajarnya. (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa. Dibuktikan dengan harga r hitung 0,608 lebih besar daripada r tabel 0,207 dengan nilai Signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi motivasi belajar seseorang, semakin tinggi pula kemandirian belajarnya. (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan kemandirian belajar siswa. Dibuktikan dengan harga R= 0,682 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,465 dengan nilai Signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Hal itu menunjukkan bahwa semakin tinggi efikasi diri dan motivasi belajar seseorang, semakin tinggi pula kemandirian belajarnya.