Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Graphical Users Interface (Gui) Pada Mata Pelajaran Istalasi Penerangan Listrik Di Kelas Xi Titl Smk Negeri 1 Percut Sei Tuan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan : Mengembangkan media pembelajaran berbasis Graphical Users Interface (GUI) pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di kelas XI SMK dan untuk Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Graphical Users Interface (GUI) pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di kelas XI SMK. Adapun metode Penelitian yang digunakan merupakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D). Sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D (Four D model) yang terdiri dari: define (pendefinisan), design (perancangan), development (pengembangan), dessiminate (penyebaran). Namun pada kesempatan kali ini penulis tidak menyebarkan kepada siswa karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan dan penulis hanya melakukan pengujian dan penyebaran kepada validator ahli media dan ahli materi saja. Hasil kelayakan media pembelajaran berbasis Graphical User Interface (GUI) pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik di kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan sebagai berikut : Nilai rata yang diberikan oleh ahli validasi media (baik validator 1 maupun 2) sebesar 4.67 terkstegori sangat layak dan untuk validasi materi nilai rata yang diberikan oleh ahli validasi materi (baik validator 1 maupun 2) sebesar 4.10 dan terkategori layak. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis Graphical Users Interface (GUI) ini sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran terkhususnya pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.