Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik Kelas X Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika DI SMK Swasta Imelda Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini secara umum merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran termasuk hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, media pembelajaran yang baik sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Peneliti mencoba mengembangkan media pembelajaran berbasis media interaktif menggunakan software Adobe Flash CS6. Bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran dan juga memudahkan pengajar dalam menyampaikan pelajaran.Langkah-langkah penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh sugiyono dan dibatasi oleh peneliti (Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk). Model untuk mengembangkan produk media menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Imelda Medan, jalan Bilal No.52 Pulo Brayan Darat 1 Kecamatan Medan Timur, Sumatera Utara, kelas X keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 1 orang dosen ahli materi, 1 orang dosen ahli media, dan 1 orang dosen sebagai pengguna dari Universitas Negeri Medan. Secara umum, penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan Research and Development (R&D). Dari data yang diperoleh melalui angket validasi yang ada, secara keseluruhan responden menilai media interaktif pembelajaran menarik, kreatif juga terstruktur dan memenuhi indikator kelayakan sebesar 4,60 dari ahli media dan ahli materi 4.04 dan 4,18 dari pengguna. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran sangat baik dilakukan melihat dari penilaian para responden dan juga tanggapan positif dan mendukung untuk media pembelajaran interaktif ini