Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan : Mengembangkan media pembelajaran AIR-Learning berbasis Blended Learning pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dan untuk Mengetahui kelayakan media pembelajaran AIR-Learning berbasis Blended Learning pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Adapun metode Penelitian yang digunakan merupakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D). Untuk model pembelajaran yang digunakan menggunakan model pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition). Model pembelajaran AIR ini mirip dengan Somatic, Auditory, Visualitation, Intelectually (SAVI) dan Visualitation, Auditory, Kinestetic (VAK). Perbedaannya hanya terletak pada repetisi yaitu pengulangan yang bermakna pendalaman, perluasan, pemantapan dengan cara siswa dilatih melalui pemberian tugas atau kuis. Dan untuk model pengembangan menggunakan model ADDIE terdiri dari 5 komponen yang saling berkaitan dan terstruktur secara sistematis yang artinya dari tahapan yang pertama sampai tahapan yang kelima dalam pengaplikasiannya harus secara sistematik dan tidak bisa diurutkan secara acak. Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahapan yang meliputi: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Pada tahap implementasi, peneliti tidak melaksanakannya dikarnakan situasi dan kondisi yang kurang mendukung. Hasil kelayakan media pembelajaran berbasis Blended learning pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan sebagai berikut: Nilai rata yang diberikan oleh ahli validasi media (baik validator 1 maupun 2) sebesar 4.55 terkategori Sangat Layak dan untuk validasi materi nilai rata yang diberikan oleh ahli validasi materi (baik validator 1 maupun 2) sebesar 4.16 terkategori Sangat Layak. Dengan demikian, media pembelajaran AIRLearning ini sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran terkhususnya pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika SMK Kelas X.