Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penggunaan media pembelajaran guess the pic dengan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 1 keragaman suku bangsa dan agama di negeriku di kelas IV SDN 200105 Padangsidempuan. Penelitian ini dilakukan di kelas IV-A dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Variabel penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuisioner), tes, dan dokumentasi. Validasi angket diperoleh oleh dosen fakultas ilmu pendidikan sehingga sudah layak digunakan sebagai instrumen penelitian. Sedangkan validasi soal tes diperoleh melalui soal yang dibagikan kepada siswa kelas V SDN 200105 Padangsidempuan dengan perolehan 25 soal yang valid dari 30 soal yang dibagikan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa penggunaan media pembelajaran guess the pic sebagian besar berada pada ategori sedang dengan persentase 70% dan pada tingkat hasil belajar siswa sebagian besar berada pada kategori sedang dengan persentase 73% berdasarkan uraian tersebut dapat dikatakan bahwa tingkat penggunaan media pembelajaran guess the pic dengan hasil belajar siswa berada dalam kategori sedang. Dengan melakukan uji korelasi antara penggunaan media pembelajaran guess the pic (X) dengan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 1 di kelas IV SDN 200105 Padangsidempuan tahun ajaran 2020/2021 (Y) memperoleh rhitung>rtabel atau 0,656 > 0,361 sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yanng positif antara penggunaan media pembelajaran guess the pic dengan hasil belajar siswa kelas IV dan mempunyai tingkat korelasi yang kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media pembelajaran guess the pic dengan hasil belajar siswa pada tema 7 subtema 1 keragaman suku bangsa dan agama di negeriku di kelas IV SDN 200105 Padangsidempuan tahun ajaran 2020/2021.