Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di SDN 100610 Pintupadang menemukan beberapa permasalahan yaitu 1) Penggunaan media pembelajaran masih sangat minim dan terbilang tidak kreatif. 2) Media pembelajaran belum mampu menarik minat belajar siswa dalam proses pembelajaran dan belum dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang mampu menumbuhkan rasa keingintahuan siswa dalam pembelajaran. 3) media yang digunakan masih sangat sederhana seperti menggunakan poster dan gambar yang digambar oleh tenaga pendidik dikertas karton. Melihat permasalahan tersebut, peneliti memberikan solusi bahwa media yang menarik akan menumbuhkan semangat dan motivasi belajar siswa. Dengan demikia, penulis mengembangakan media pembelajaran berbasis teknologi yaitu video animasi menggunakan software macromedia flash 8 pada pembelajaran tematik dan untuk mengetahui tingkat keefektifitasan media pembelajaran berbantuan macromedia flash 8 ini. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development). Langkah-langkah penelitian dan pengembangan ini adalah observasi dan pengumpulan data, perencanaan, mengembnagkan produk awal, uji lapangan awal, revisi produk, uji lapangan, revisi produk akhir, penyebaran. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi dan tes (pre-test dan post-test), analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa validitas yang diperoleh dari validator ahli materi senilai 96% dengan kategori “sangat layak”, dari validator ahli media diperoleh senilai 88,91% dengan kategori “sangat layak” dan praktisi pendidikan oleh guru wali kelas IV diperoleh senilai 98% dengan kategori “sangat layak”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbantuan macromedia flash yang dikembangkan peneliti layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran tematik tema 6 subtema 1 pembelajaran 1 di SD Negeri 100610 Pintupadang.