Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pekerjaan Pembangunan Jembatan Pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Kelas XI DPIB SMK Negeri 5 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pembuatan video animasi pekerjaan pembangunan jembatan pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran video animasi pekerjaan pembangunan jembatan pada mata pelajaran konstruksi jalan dan jembatan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, meliputi tahapan Define (pendefenisian), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian yang bertujuan untuk menguj kelayakan alat evaluasi pembelajaran melalui validasi ahli materi, dan ahli media. Penilaian alat evaluasi juga dilakukan oleh siswa. Hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi diperoleh rata-rata penilaian sebesar 4,60 dengan kategori “Sangat Layak”, hasil pengujian kelayakan oleh ahli media diperoleh rata-rata penilaian sebesar 4,15 dengan kategori “Layak”, Selain itu penilaian dalam uji coba skala kecil pada siswa kelas XI DPIB diperoleh rata-rata penilaian sebesar 4,005 dengan kategori “Baik”. Berdasarkan hasil pengujian tersebut diketahui bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan layak untuk digunakan.