Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis VideoScribe Muatan PPKn Materi Keberagaman Budaya Pada Siswa Kelas V SD Negeri 114355 Bulungihit T.A 2020/2021
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman guru dalam mengembangakan dan menggunakan media pembelajaran terutama pada pembelajaran tematik khususnya muatan PPKn, guru masih menggunakan media gambar dan belum pernah menggembangkan media berbasis teknologi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 114355 Bulungihit Kecamatan Marbau Kebupaten Labuhan Batu Utara. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan kepraktisan media berupa video pembelajaran berbasis VideoScribe pada muatan PPKn. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu tahap Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan media video pembelajaran berbasis VideoScribe pada muatan PPKn dengan tingkat persentase kelayakan yang diberikan oleh ahli media sebesar 82% sehingga dikatakan “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli materi pada tahap pertama dengan tingkat persentase sebesar 84% namum pada tahap kedua berubah menjadi 94% sehingga dikatakan “Sangat Layak”. Praktisi pendidikan dengan persentase 94% sehingga dikatakan “Sangat Layak”. Respon siswa terhadap media ini dilihat dari angket responden dengan persentase kelayakan 91% sehingga dapat dikatakan “Sangat Layak”. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis VideoScribe muatan PPKn materi keberagaman budaya pada kelas V SD Negeri 114355 Bulungihit layak digunakan oleh siswa saat proses pembelajaran.