Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu apakah media pembelajaran berbasis adobe flash pada tema 6 subtema 1 yang dikembangkan layak digunakan untuk siswa kelas III SD Negeri 064009 Medan Marelan T.A 2020/2021. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis adobe flash pada tema 6 subtema 1 yang dikembangkan untuk siswa kelas III SD Negeri 064009 Medan Marelan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan model pengembangan yaitu model Thiagarajan (4-D), yang dalam penelitian langkahnya memiliki proses 4 tahap yaitu tahap pertama melakukan define (pendefensian), tahap kedua melakukan design (perancangan), tahap ketiga develop (pengembangan) dan tahap keempat disseminate (penyebaran). Setelah melalui beberapa tahap dalam menyelesaikan skripsi pengembangan media pembelajaran yang seharusnya diadakan uji coba media pembelajaran kepada siswa tidak dapat dilaksanakan, karena adanya perpanjangan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang menyebabkan pembelajaran daring masih berlaku sampai sekarang. Maka dari itu, model pengembangan 4-D dalam penelitian ini dibatasi menjadi 3-D, yaitu define, design, dan development, sehingga penelitian ini hanya sampai pada tahap development (pengembangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket dan dokumentasi. Media pembelajaran berbasis adobe flash yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan untuk kelas III SD Negeri 064009 Medan Marelan. Hal ini didasarkan pada hasil validasi ahli media yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,6% dengan kriteria “Sangat Valid” dan hasil validasi dari ahli materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,5% dengan kriteria “Sangat Valid”.