Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan terdiri dari 35 siswa. Penelitian ini dilakukan 2 siklus dengan tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan materi menganalisis tegangan-tegangan pada siswa kelas X DPIB mata pelajaran Mekanika Teknik pada siklus I dan materi menganalisis tegangan-tegangan pada siswa kelas X DPIB mata pelajaran Mekanika Teknik pada siklus II.Pada penelitian ini melalui pengamatan dan lembar soal sebagai instrument yang mengukur hasil belajar kognitif. Analisa data menunjukkan hasil belajar siklus I memperoleh nilai rata-rata 79.80 dengan persentase kelulusan 80% (Ketuntasan Klasikal) dan 82.48 dengan persentase kelulusan 94.28% (Ketuntasan Klasikal). Dari analisa data siklus I dan Siklus II menunjukkan hasil belajar kognitif meningkat. Dimana persentase kelulusan siswa meningkat sebesar 14,28% . Dari analisa data yang dipaparkan disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry Training dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam menganalisis tegangan-tegangan pada siswa kelas X DPIB mata pelajaran Mekanika Teknik siswa kelas X DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan.