Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Live Worksheets Pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 028226 Kota Binjai T.A 2020/2021
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, dan efektivitas penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Live Worksheets Pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD Negeri 028226 Kota Binjai. Desain Penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) dengan menggunakan pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Dalam penelitian ini produk yang akan dikembangkan adalah LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 028226 yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian ini terdiri dari ahli materi, ahli desain, dan guru kelas. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrumen wawancara guru, angket validasi materi dan desain, angket praktisi pendidikan, angket respon siswa dan soal tes. Soal tes yang digunakan yaitu pretest dan post test, nilai pretest yang diperoleh sebesar 59,5 (cukup), sedangkan hasil belajar siswa setelah menggunakan LKPD yang dikembangkan dapat memenuhi KKM dengan dilakukannya post test sebesar 89,25 (Baik Sekali). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesentase rata-rata yang diperoleh dari validasi kelayakan oleh validator ahli materi sebesar 88% (Sangat Layak), validator ahli desain sebesar 98% (Sangat Layak). Hasil ini menunjukkan bahwa LKPD dapat digunakan dengan kriteria “Sangat Layak”. Hasil uji praktikalitas oleh praktisi pedidikan memperoleh hasil persentase 91% (Sangat Praktis) dan hasil respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 94% (Sangat Praktis). Hasil uji keefektifan LKPD meningkat menjadi 89,25% (Sangat Baik) dengan kriteria ketuntasan “Tuntas”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Live Worksheets dapat digunakan dalam proses pembelajaran SD.