Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK N 1 Lubuk Pakam diketahui bahwa guru mata pelajaran DDKBTPT masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang proses pembelajaran cenderung teacher centered learning atau hanya berpusat pada guru saja dan guru mata pelajaran belum menggunakan media berbasis video pembelajaran pada saat proses belajar mengajar sehingga proses pembelajaran kurang efektif. Dengan mengetahui permasalahan perlu dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk (1). Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video pada materi pokok “Memahami Sifat dan Karakteristik Kayu” di kelas X DPIB SMK N 1 Lubuk Pakam. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur yang dipakai dalam melakukan pengembangan ini dilakukan sesuai dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Dick and Carry (1996), yaitu model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Berdasarkan rata rata hasil validasi produk yang dilakukan media pembelajaran berbasis video untuk kelas X DPIB SMK N 1 Lubuk Pakam pada mata pelajaran DDKBTPT “Sangat Layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentasi validasi ahli materi 1 diperoleh skala penilaian sebesar 83 %, validasi ahli materi 2 diperoleh skala penilaian sebesar 86%, validasi ahli media diperoleh skala penilaian sebesar 82 %. Dan berdasarkan uji coba skala kecil yang dilakukan pada 10 siswa kelas X DPIB SMK N 1 Lubuk Pakam diperoleh skala penilaian sebesar 91 %.