Pengembangan Video Tutorial Pembelajaran AutoCAD Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Siswa Kelas XI DPIB SMK Negeri 2 Medan
Daftar Isi:
- Hasil belajar dan kemampuan siswa dalam menggunakan AutoCAD pada mata pelajaran aplikasi perangkat lunak dan perancangan interior gedung (APLPIG) pada siswa kelas XI program keahlian desain permodelan dan informasi bangunan SMK Negeri 2 Medan masih cenderung rendah dan belum memenuhi KKM dikarenakan kurangnya variasi penggunaan media dan juga dikarenakan keadaan sehingga pembelajaran dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran yang layak dan praktis untuk digunakan sebagai media dalam mata pelajaran APLPIG. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Four-D), tahapannya yaitu Define (pendefinisian): analisis kebutuhan melalui observasi, Design (perancangan): membuat storyboard dan membuat prototipe, Develop (pengembangan): uji validitas dan uji praktikalitas, dan Disseminate (penyebaran): Upload di YouTube. Untuk mengetahui kelayakan produk video pembelajaran menggunakan instrumen penilaian ahli media dan ahli materi yang diserahkan kepada para validator. Sedangkan untuk mengetahui kepraktisan produk video pembelajaran, menggunakan instrumen penilaian siswa sebagai pengguna produk. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dalam menguji kelayakan produk berupa video tutorial pembelajaran AutoCAD. Rata-rata penilaian dari ahli materi dikategorikan “sangat layak” dengan perolehan skor 4,25. Rata-rata penilaian ahli media dikategorikan “layak” dengan perolehan skor 4,13. Sedangkan dalam pengujian kepraktisan produk yang dilakukan siswa didapatkan persentase 79,86%. Dari hasil penelitian yang didapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan sangat layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran APLPIG.