Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh film dokumenter terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan pada materi ekosistem. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan Januari 2021 di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan soal objektif sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA yang terdiri dari 2 kelas dengan total sebanyak 80 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini masing-masing sebanyak 40 siswa yaitu siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 dengan menggunakan teknik wawancara dan pemberian tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh film dokumenter terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang diajar dengan film dokumenter lebih tinggi (95,25) dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar yang diajar tanpa film dokumenter (84,12). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media film dokumenter pada materi ekosistem di kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2020/2021 mengalami peningkatan dengan (95,25 ± 6,19) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar yang diajarkan dengan power point (84,12 ± 6,08).