Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Adakah hubungan media film kartun dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Subsidi Swakarya Kec. Percut Sei Tuan T.A 2020/2021”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media film kartun dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Subsidi Swakarya Kec. Percut Sei Tuan T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kuantitatif Korelasional dengan perhitungan data-data yang didapat dari instrumen-instrumen yang digunakan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Subsidi Swakarya yang berjumlah 30 orang. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang, yang diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan uji deskripsi data, uji persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilakukan terlebih dahulu sebaran pada media film kartun kategori cukup berjumlah 13 siswa dengan persentase (43,4%), baik berjumlah 17 siswa dengan persentase (56,6%). Untuk motivasi belajar kategori cukup berjumlah 12 siswa dengan persentase (40), baik ketika berjumlah 18 siswa dengan persentase (60%). Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 3,217, nilai ini dibandingkan dengan nilai ttabel (dk = (n-2) = 30 : Ɑ= 0,05). Hingga ttabel dengan nilai N= 30 diperoleh 1,697. Sehingga diperoleh thitung > ttabel (3,217 > 1,697), dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan: “ada hubungan antara media film kartun dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Subsidi Swakarya Kec. Percut Sei Tuan T.A 2020/2021”. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan media film kartun dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Subsidi Swakarya Kec. Percut Sei Tuan T.A 2020/2021.