Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Dasar-Dasar Pengukuran Dan Teknik Pengukuran Tanah Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 5 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui cara pengembangan media pembelajaran berbasis video Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah kelas X Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Medan, (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah kelas X Program Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 5 Medan. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian dan Pengembangan (Research and Development (R&D) mengunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur pembuatan media ini meliputi (1) Analisis produk yang akan dikembangkan, (2) Mengembangkan produk awal, (3) Validasi ahli dan revisi, (4) Uji lapangan skala kecil dan revisi produk, (5) Uji lapangan skala besar dan produk akhir. Pengembangan produk ini menggunakan software Video Scribe. Sketchup, Enscape, Filmora. Data produk berupa data kualitatif yang didapat dari saran dan masukan ahli media, ahli materi, guru dan siswa,serta berupa data kuantitatif yang berasal dari penilaian ahli media, ahli materi, guru dan siswa. Hasil penelitian ini adalah : (1) pembuatan media pembelajaran berbasis video dasar-dasar konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah langkah-langkahnya meliputi, analisis dan menentukan kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), dan indikator, membuat perencanaan konsep video pembelajaran yang menarik, penyusunan materi pembelajaran, penilaian media melalui validasi ahli media dan ahli materi, revisi media pembelajaran, uji coba skala kecil dan uji coba skala besar. (2) Hasil kelayakan media pembelajaran berbasis video dasar-dasar konstruksi bangunan dan teknik pengukuran tanah sebagai berikut : penilaian dari ahli media dengan skor 4.77 dengan kategori sangat layak, ahli materi dengan skor 4.7 dengan kategori sangat layak dan uji coba skala kecil mendapatkan skor 4.8 dengan kategori sangat layak, uji skala besar mendapatkan skor 4.6 dengan kategori sangat layak.