Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Dengan Menggunakan Software I-Spring Pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Siswa Kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti Di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, diketahui guru mata pelarajan Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah masih menggunakan media pembelajaran sederhana, yaitu menggunakan media cetak, seperti : buku teks hand outI, dan menggunakan media power point yang masih sederhana dengan melampirkan teks dan gambar saja. Dengan mengetahui permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran power point dengan menggunakan software I-spring pada materi konstruksi kayu yang valid dan layak. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur yang dipakai dalam melakukan pengembangan ini dilakukan sesuai dengan model pengembangan oleh Dick and Carry (1996), yaitu model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Namun, dikarenakan tujuan pengembangan produk pada penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid dan layak, maka peneliti melakukan penelitian sampai pada tahap Development (pengembangan) yaitu pada tahap revisi produk dan ujicoba skala kecil pada siswa kelas X BKP SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Berdasarkan rata-rata hasil validasi produk yang dilakukan, media pembelajaran ini dinyatakan “Sangat Layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentasi validasi Ahli Media diperoleh skala penilaian sebesar 80%, validasi Ahli Materi I diperoleh skala penilaian sebesar 91,6%, dan validasi Ahli Materi II diperoleh penilaian sebesar 86%. Serta berdasarkan ujicoba skala kecil yang dilakukan pada 10 siswa kelas X BKP SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan diperoleh skala penilaian sebesar 83,6%.