Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Project Based Learning (PjBL)Pada Materi Ikatan Ion Dan Kovalen Untuk Kelas X

Main Authors: Sigalingging, Else R, Purba, Jamalum
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/47063/1/TextFile.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/47063/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan Ajar pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi ikatan Ion dan Kovalen yang akan dikembangkan telah memenuhi Standar BSNP, serta persen peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar pembelajaran berbasis projek pada materi ikatan Ion dan Kovalen. Populasi Dalam Penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Swasta Free Methodist Medan. Sampel Penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Sebanyak 20 Siswa satu kelas. Penelitian ini menggunakan instrument non tes dan instrument tes, instrument non tes yang dingunakan berupa Lembar Validasi oleh Validator, dan Instrumen Tes yang digunakan Berupa Pretest- Posstest. Desain Pembuatan Bahan Ajar menggunakan pengembangan yang mengacu pada model ADDIE. Hasil kelayakan validasi menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis PjBL pada materi ikatan ion dan kovalen untuk kelas X berada dalam kategori layak dan tidak perlu direvisi dengan perolehan nilai rata-rata 3,70 dan nilai persen dari validasi yaitu 91,44%. Tekni pengumpulan data dengan memberikan Pre-test dan Postest, untuk pre-test mendapatkan rata-rata 50,25 dan pos-test 82,75. Peningkatan hasil belajar siswa yaitu 66%. Uji hipotesis dengan uji t pihak kanan α= 0,05 diperoleh thitung =7,417, sedangkan ttabel =1,729. Hal ini menunjukan bahwa thitung > ttabel , yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.